Sekilas Sejarah Apple inc
`Pada tahun 1976, ketika bekerja pada perusahaan komputer temannya
yang memproduksi Video TeleType Terminal (VTT), Wozniak mulai menggabungkan
desain VTT dengan desain komputer yang sudah dia buat sebelumnya, terutama
dengan menggantikan panel layar lampu kedip dengan layar video.
Kemudian dia mencoba untuk memperlihatkan desain barunya itu
kepada perusahaan Hewlett-Packard (HP), tapi saat itu pihak HP mengira itu
barang rongsokan yang tidak ada gunanya, dan bahkan saat itu Wozniak
terus-terusan diejek Disaat Wozniak merasa tidak berguna, Steve Jobs mencoba
untuk menghibur dan meyakinkan Wozniak bahwa mereka berdua bisa saja membuat
perusahaan komputer sendiri untuk mengembangkan desain Wozniak itu. Akhirnya
mereka sepakat untuk membuat perusahaan sendiri, dan Steve Jobs mengusulkan
untuk memberi nama komputer pertamanya dengan sebutan Apple. Komputer Apple
yang pertama resmi dibuat dan dirakit di garasi di rumah orang tua Steve Jobs.
Pada bulan Agustus 1976, Wozniak melihat sebuah pameran layar
berwarna yang saat itu disebut the Dazzler, dan saat itu Wozniak sangat
terobsesi untuk menyempurnakan komputer Apple dengan menambahkan layar
berwarna. Pada saat yang sama, dia juga ingin menyederhanakan arsitektur memori
komputer Apple menjadi lebih sederhana namun tidak mengurangi performa, dan hal
ini menandai pertama kali dibuatnya prosesor yang memorinya dibagi (share)
dengan memori video.
Pada tahun 1981, Jobs mempunyai ide gila untuk membuat komputer
Apple yang mempunyai ukuran tidak lebih dari sebuah buku, dan akhirnya komputer
itu dinamakan Apple IIb. Tapi prodak Apple IIb dia batalkan karena
dikhawatirkan penjualannya akan mempengaruhi penjualan Macintosh. Tetapi tidak
lama dari saat itu muncul komputer Toshiba Portable, kemudian Jobs tidak kalah
cerdik dengan membuat komputer portable yang sudah dilengkapi dengan diskdrive.
Strategi pemasaran apple :
1. Inovasi
Apple memanfaatkan produk yang sudah populer sebelumnya yaitu iPod dan telepon genggam serta menyatukan kedua konsep tersebut.
Apple memanfaatkan produk yang sudah populer sebelumnya yaitu iPod dan telepon genggam serta menyatukan kedua konsep tersebut.
2. Strategi brandingdalam pemasaran
Dengan logo serta nama perusahaan
yang mudah diingat, Apple menanamkan ide bahwa barang-barang produksinya
merupakan teknologi canggih yang mudah digunakan dan user friendly, kebalikan
dari pemahaman umum bahwa semakin canggih suatu alat, semakin rumit
pengoperasiannya
3. Pemanfaatan media pemasaran secara maksimal
Apple membuat website resmi
khusus untuk iPhone dimana para penggunanya dapat masuk ke situs tersebut untuk
menggali segala macam hal tentang iPhone mereka, mulai dari petunjuk umum
pemakaian iPhone, tips dan trik serta update aplikasi serta seri terbaru.
4.Target pemasaran yang potensial
Apple menyadari bahwa kaum
profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka yang sukses
lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih yang setia
4. Penyesuaian harga yang konsisten
Prinsip utama dalam marketing
strategy of Apple adalah ‘the latest and the greatest’ yang bermakna Apple
harus terus menyesuaikan harga produk lama sementara membuat produk baru,
karena orang cenderung mencari unsur trendi dari teknologi komunikasi tidak
peduli walaupun produk lama masih memiliki banyak fitur yang berguna. Inilah
sebabnya mengapa Apple konsisten menurunkan harga produk hanya setelah beberapa
bulan sebelum mengeluarkan seri baru.
Jika Apple melakukan hal ini, maka Apple akan
menjadi penantang utama atau bahkan pemimpin dalam pasar sistem operasi dunia
bagi komputer personal. Dengan kata lain, Apple sebenarnya mungkin telah
menjadi Microsoft dunia, bukan suatu perusahaan dalam krisis yang
berkepanjangan seperti saat ini.
·
http://rajapresentasi.com/2013/02/strategi-pemasaran-apple-marketing-strategy-of-apple/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar